JAKARTA – Sudah menyalip transaksi jual beli Mercedes Benz pada bursa mobil mewah pada Indonesia, BMW Indonesia ternyata justru bukan berhenti berinovasi. Yakni, menegaskan konsumen mendapatkan pengalaman premium pada hal purnajual.
Terbaru, BMW Indonesia berkolaborasi dengan BMW Ultima meresmikan Body & Paint Training Center pertama pada Asia Tenggara. Mereka juga memperluas jaringan Body & Paint resmi di tempat 2025, juga merilis layanan BMW Remote Diagnosis (RITA).
Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia juga akan memperluas jaringan Body and Paint Center di dalam seluruh Indonesia. Dimulai dari BMW Ultima sebagai pusat perbaikan Body and Paint pertama dan juga terbesar di dalam Indonesia, saat ini BMW hadir lebih lanjut dekat dengan pelanggan pada Ibukota Indonesia Timur (Pulo Gadung), Surabaya, serta Medan.
“Ini bukanlah sekadar bengkel—melainkan tempat di dalam mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW dan juga MINI dengan ketelitian juga perhatian yang dimaksud serupa seperti pada waktu pertama kali dirakit,” kata Peter.
BMW Ultima: Pionir Layanan Purna Jual Premium
.jpg)
BMW Ultima diresmikan pada Maret 2022 sebagai prasarana perbaikan dan juga pengecatan BMW juga MINI dengan standar tertinggi pada Indonesia. BMW Ultima menggunakan teknisi tersertifikasi, peralatan diagnostik terbaru, juga suku cadang asli BMW lalu MINI, dengan akreditasi dengan segera dari BMW AG, Munich.
Pada 2023, BMW Ultima memperluas layanannya sebagai BMW Classic Partner—yang pertama di dalam Asia kemudian salah satu dari hanya saja 118 di tempat dunia. Status ini menegaskan komitmen BMW Ultima di memberikan layanan restorasi lalu servis premium untuk kendaraan klasik BMW, dengan pengaplikasian BMW Original Parts.
BMW Ultima meluncurkan inisiatif BMW Assurance pada Juni 2024, bekerja mirip dengan mitra asuransi untuk memberi perbaikan kemudian pengecatan berkualitas tinggi bagi pelanggan BMW dan juga MINI.
Selain BMW kemudian MINI, BMW Ultima juga melayani merek kendaraan premium lainnya. Lokasinya ada di tempat Jl. Ciater Raya No.28A, Serpong, Tangerang Selatan, BMW Ultima dapat menangani hingga 20 kendaraan sekaligus.
BMW Group Training Center

Seiring dengan perluasan jaringan Body and Paint Center, BMW Group Indonesia juga menyiapkan tenaga kerja spesialis untuk mempertahankan standar tinggi BMW. Untuk itu, BMW Group Training Center pertama di area Asia Tenggara diresmikan, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.
“Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen kami untuk mengembangkan sumber daya lokal lalu memverifikasi bahwa setiap teknisi yang menangani kendaraan BMW atau MINI telah terjadi menerima pelatihan berstandar internasional,” jelas Peter.
Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima, menambahkan bhawa BMW Ultima menjadi satu-satunya Approved Body & Paint Center di dalam Indonesia. “BMW Group Training Center juga pertama pada Asia Tenggara juga berlokasi di dalam Indonesia,” ungkapnya.
“Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran dengan segera (hands-on), menggunakan peralatan dan juga perlengkapan yang mana identik seperti yang mana digunakan pada pusat layanan resmi BMW,” kata Rudy.
BMW Remote Diagnosis Service (RITA): Teknisi BMW pada Ujung Jari
Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia, menjelaskan kegiatan Ramadan BMW serta terobosan baru di dalam bidang purna jual, yaitu BMW Remote Diagnosis Service (RITA).
RITA adalah layanan yang digunakan memungkinkan teknisi BMW terhubung dengan segera ke kendaraan Anda dari jarak sangat jauh untuk mengakses data diagnostik secara instan.
“Ketika lampu peringatan serius menyala atau terdengar ucapan yang digunakan tidak ada biasa, RITA memungkinkan teknisi kami untuk terhubung secara langsung ke kendaraan Anda dari jarak berjauhan lalu mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel,” jelas Mahalingam.
Baca Juga: Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care
Kemampuan RITA:
– Membaca instruksi Check Control serta melakukan pemesanan suku cadang apabila diperlukan.
– Menemukan penyulut hambatan pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel.
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh.
– Memberikan panduan dengan segera apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai.
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktualkendaraan.